Uncategorized

Yuk, Ketahui Cara Menggunakan Remote Desktop Windows Berbagai Versi Berikut!

halhal.org – Bagi orang yang menguasai dunia teknologi informasi, pasti menghubungkan dua komputer dengan sistem remote bukanlah cara yang susah. Pada sistem operasi (SO) Windows, terutama, proses mengendalikan suatu komputer dengan sistem remote bisa dilakukan hanya dengan mengatur beberapa hal. Yuk, ketahui cara mkenggunakan remote desktop Windows 10 dan yang lebih lama!

Apa Sih Fungsi Dari Remote Destop Tersebut? 

Apa yang Anda pikirkan jika memikirkan tentang arti kata “Remote”? Pastinya sesuatu untuk mengendalikan, bukan? Ya, benar! 

Sedangkan remote desktop sendiri terdiri dari dua kata, yaitu remote (mengendalikan), dan desktop (layar pada sebuah komputer). Jadi, makna dari kalimat “remote desktop” adalah mengendalikan tampilan layar komputer lain melalui suatu media. Dan dalam hal ini, media pengendali adalah komputer lain. 

Lalu bisakah kita melakukan fungsi remote untuk desktop melalui komputer lain? Yuk, ketahui jawabannya pada artikel berikut!

Teknik Memanfaatkan Remote Untuk Desktop Pada Windows 

Untuk bisa memanfaatkan fitur remote bagi desktop, Anda bisa menggunakan berbagai cara. Tidak hanya melalui Control Panel saja, ada berbagai cara menggunakan remote desktop connection pada Windows 10 dan versi yang lebih lama : 

 

  • Menggunakan Control Panel

 

Untuk bisa mengaktifkan remote untuk desktop pada Windows, Anda harus masuk ke akun Administrator terlebih dahulu. Caranya, Anda bisa mencari di tombol Start, lalu pilih “Control Panel” > “System. Setelah masuk ke jendela “System”, Anda bisa membuka menu “Remote Settings”. Lalu klik pada tulisan “Allow Remote Assistance…”. Dan akhirnya, klik pada tombol OK.  

 

  • Melalui pengaturan Firewall 

 

Untuk bisa membuka pengaturan remot layar di Windows dengan cara ini, Anda harus terlebih dahulu membuka Control Panel. Lalu klik pada menu “Windows Firewall” lalu klik pada “Allow an app or feature ….”. Lalu pilih pada menu “Change Settings” > centang pada tulisan “Remote Desktop” > “OK”. 

 

  • Melalui peramban internet 

 

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengaktifkan remot layar komputer lain adalah melalui peramban internet. Anda bisa menjalankan pada komputer target sebuah peramban internet, lalu bukalah situs www.whatismyip.com. Secara otomatis, situs tersebut akan menampilkan IP Address dari komputer klien. Catat alamat IP tersebut. 

Lalu pada komputer yang ingin digunakan untuk mengendalikan komputer target, bukalah aplikasi Remote Desktop pada bagian Start Windows. Lalu masukkan alamat IP dari komputer target yang ingin Anda kendalikan > “Connect”. Setelah itu masukkan berbagai informasi yang diperlukan untuk masuk  ke perangkat komputer klien (username dan password) > “OK”. 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard HP Android Error

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan komputer klien melalui komputer lain atau komputer Anda pribadi. Dengan mengetahui cara menggunakan remote desktop Windows 10 dan versi yang lebih lama, Anda bisa mengendalikan komputer orang lain sesuka hati. Jangan lupa untuk tidak melanggar hukum ya!