Uncategorized

Tata Cara Membuat Patung Dari Bahan Dasar Tanah Liat

halhal.org – Tanah lempung atau liat merupakan tekstur bahan plastis yang mudah dibuat dan dibentuk. Dari tekstur atau kondisi, tanah ini lebih bersifat basah atau mengandung lebih banyak air jika dibandingkan dengan tekstur dari jenis tanah-tanah lain. Sedangkan sifatnya yang elastis bisa menjadi keras dan padat setelah kering. Namun tanah ini sebenarnya dapat terbentuk dari proses pelapukan kerak bumi secara alami. 

Yang mana sebagian besar dari proses tersebut tersusun dari bebatuan feldspatik, atau batuan granit dan batuan beku. Oleh karena itu dari sifatnya yang elastis tanah ini lebih banyak di manfaatkan untuk dijadikan sebuah bahan kerajinan tertentu. seperti gerabah, gentong, atau bahkan untuk kebutuhan seni seperti patung. Berikut cara membuat patung dari tanah liat untuk hasil yang maksimal.

Membuat Patung Dengan Bahan Dasar Tanah Lempung Atau Liat

  1. Menyiapkan Bahan Utama

Untuk langkah awal, kita perlu menyiapkan salah satu bahan utama dalam pembuatan patung yakni lempung. Dimana tanah yang digunakan sudah harus dalam tekstur setengah basah dan kondisi melunak. Sehingga tanah siap dibuat atau dibentuk sesuai dengan pola patung yang ada. Banyaknya tanah yang dibutuhkan secukupnya saja sesuai kebutuhan dari pembuatan patung tersebut.

  1. Menentukan Pola Atau Tema Patung Yang Sesuai

Dalam proses pembuatan kerajinan atau seni patung, kita memerlukan sebuah konsep atau pola patung yang akan dibuat. Sehingga kita sudah memiliki gambaran mengenai bagaimana proses-proses yang akan kita lakukan untuk membuat sebuah objek. Disamping itu pola juga menjadi salah satu bagian penting yakni sebagai alat bantu pembuatan objek agar lebih mudah dibuat.

  1. Mencampurkan Tanah Dengan Air Secukupnya

Dari tanah yang setengah basah tadi, kita bisa menambahkan air secukupnya untuk membuat adonan yang lebih lunak. Proses penambahan air ini juga bermaksud untuk membuat adonan agar lebih mudah untuk dibentuk. Tak hanya itu air yang kita siapkan juga bermanfaat juga untuk proses finishing nanti. Yakni sebagai penghalus sebuah objek yang telah selesai dibuat.

  1. Pembuatan Patung Yang Sesuai Dengan Pola

Untuk tahap ke empat, kita sudah bisa masuk ke tehnik pembuatan. Disini kita hanya tinggal  membuat patung secara langsung sesuai dengan tema atau pola pembuatan yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan mengikuti alur dari pola tersebut kita lebih bisa membuatnya dengan cukup mudah, mulai dari segi pembentukan atau bahkan dari segi tehnik pembuatan yang digunakan.

  1. Keringkan Dengan Cara Dijemur

Untuk tahap terakhir pembuatan patung menggunakan lempung, kita bisa mengeringkannya dengan cara dijemur di bawah terik matahari. Pengeringan bertujuan untuk mengeraskan objek yang dibuat. Namun untuk mendapatkan pengeringan yang sempurna, kita juga bisa membakarnya agar objek bisa menjadi kramik.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Itulah tata cara mengenai bagaimana cara membuat patung dari tanah liat dengan baik dan benar. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai dengan kriteria pola yang telah ditentukan sebelumnya.